KOPERASI SMP NEGERI 2 PAMULANG

KOPERASI SMP NEGERI 2 PAMULANG

Pada saat aku diterima bersekolah di SMP Negeri 2 Pamulang, yang pertama kali aku datangi adalah koperasi sekolah karena koperasi terletak di sebelah ruang guru dan berada tepat di depan lapangan sekolah. Aku sangat bersyukur sekali karena sekolahku memiliki koperasi sebagai suatu fasilitas yang sangat mendukung dan menguntungkan bagi pelajar yang bersekolah disana.

Apalagi bisa dikatakan koperasi SMPku ini merupakan salah satu tempat favorit karena selain berada di tempat yang strategis sehingga mudah dijangkau, juga dikarenakan koperasi menjual barang-barang kebutuhan pelajar dan guru dengan harga yang relatif murah. Koperasi sekolah itu sendiri merupakan koperasi yang terdapat di lingkungan sekolah yang dalam kegiatan usahanya melibatkan pelajar dan dalam pengelolaannya dibimbing oleh para guru.

Koperasi sekolah dalam kegiatan usahanya menyediakan beberapa jenis barang, antara lain barang kebutuhan sekolah seperti seragam, dasi, topi, dan ikat pinggang, perlengkapan sekolah seperti buku paket, buku tulis, pupen, pensil, penghapus, penggaris, dan tempat pensil, makanan dan minuman ringan sehingga tidak sulit untuk membelinya bahkan koperasi memberi kemudahan yaitu menjualnya dengan harga yang terjangkau dibanding dengan harga yang di toko. Kemungkinan dikarenakan koperasi tidak mencari keuntungan semata, tetapi hanya ingin memberikan pelayanan yang bermanfaat baik secara moril maupun materiil serta berusaha untuk selalu mensejahterakan anggotanya terutama bagi siwa-siswi SMP Negeri 2 Pamulang.

Salah satu keunggulan koperasiku ini ialah siap membantu dengan segera dalam usaha memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan bermanfaat. Seperti contohnya, saat aku terlupa membawa perlengkapan tulis pada saat ujian dengan segera guru pengawas kelasku menyarankan aku untuk membeli perlengkapan alat tulis yang dibutuhkan untuk ujian, yang terlintas dipikiranku hanyalah koperasi, karena aku tahu dengan pasti segala perlengkapan tulis tersedia di koperasi maka langsung saja aku bergegas ke koperasi dam membelinya disana dan ternyata semua barang yang aku butuhkan dapat kuperoleh dan dengan segera kembalilah lagi aku untuk bersiap menghadapi ujian. Hal ini membuktikan koperasi sangat bermanfaat bagi pelajar yang membutuhkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perlengkapan sekolah.

Tetapi selain keunggulan, koperasiku juga mempunyai kekurangan yaitu ruangan koperasi terlalu sempit dan tidak tertata rapih karena masih banyak persediaan barang dagang yang akan dijual seperti seragam, dan buku yang tertumpuk di pojok ruangan kopersi sehingga membuat koperasi berantakan dan membuat koperasi menjadi menarik untuk dikunjungi, kurang tersedianya berbagai jenis merk barang yang bisa pelajar sukai, serta terbatasnya jumlah barang kebutuhan para pelajar.

Di masa kini aku mengharapkan koperasi sekolahku itu membuat banyak kemajuan yang pesat dikarenakan modernisasi dalam segala hal maka sistem lama sebaiknya diperbaharui yaitu dengan dijadikannya koperasi sekolah mandiri yang berlandaskan kejujuran seperti dalam penerapan kantin kejujuran. Koperasi mandiri dan kejujuran ini sangatlah efektif dan efesien karena menerapkan sistem yang melatih para pelajar untuk berusaha mengambil tindakan sendiri yang disertai dengan tanggung jawab dalam pelaksanaannya dan penerapannya diimbangi dengan kepercayaan baik dari pihak sekolah, guru sebagai pengawas, dan para pelajar sebagai anggota koperasi yang bertindak sebagai pelaksana yang berlatih berorganisasi, berkomunikasi, dan berperan serta dalam usaha mensejahterakan anggota koperasi yang lainnya yaitu dengan tidak melanggar ketentuan yang telah ada baik secara lisan maupun tulisan serta belajar bersikap jujur, adil, dan bijaksana dalam menyikapinya.

Semoga saja koperasi SMP Negeri 2 Pamulang memiliki kapabilitas untuk menuju ke arah sana, tetapi tidak dapat dielakkan peran serta para guru sebagai pembimbing sangatlah diharapkan dan dibutuhkan agar kegiatan usaha koperasi dapat terus beroperasi dan berjalan dengan baik serta tidak menimbulkan masalah yang nantinya akan berdampak buruk bagi seluruh pihak yang menjadi bagian dari koperasi sekolah.

3 responses to “KOPERASI SMP NEGERI 2 PAMULANG

  1. Blognya keren juga…kamu anak gundar yah ??? Udah di daftarin di lomba blog bulanan belom lewat studentsite ??? 5 link wajibya mana ??? jangan lupa dimasukin kalo maw menang..😉 Kalau masih bingung dengan cara – cara blogging di WordPress, kamu bisa kunjungi SITUS INI. Untuk Bertanya langsung kepada saya, gunakan Yahoo PingBox yang ada pada sebelah kiri situs saya.

    untuk mendownload panduan blogging di wordpress, silahkan klik DI SINI.😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s