KONTRIBUSI KOPERASI DALAM PERKEMBANGAN UMKM

Pada zaman yang modern dan canggih masa kini kita dengan mudah memperoleh  data-data mengenai kontribusi koperasi dalam perkembangan usaha mikro kecil dan menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM yang dapat diakses dari berbagai media.

Secara garis besar, dalam perkembangannya potensi yang dimiliki koperasi dan UMKM cukup besar dalam meningkatkan taraf hidup, dapat dikatakan bahwa keberadaan UMKM dan koperasi mencerminkan kehidupan sosial dan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia pada umumnya.

Koperasi sendiri mempunyai peranan dalam meningkatkan kedudukan posisi tawar dan efisiensi ekonomi masyarakat dan juga sekaligus ikut serta dalam memperbaiki kondisi persaingan kegiatan usaha pada pasar.

Sementara itu UMKM mempunyai peranan dalam memperluas penyediaan lapangan kerja, memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, dan memeratakan peningkatan pendapatan. Di Indonesia UMKM sangat membantu negara dan pemerintah karena telah menciptakan lapangan kerja baru dengan menggunakan tenaga-tenaga baru sebagai sumber daya manusia yang berguna mendukung meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Oleh karenanya UMKM membutuhkan perhatian khusus dan juga informasi akurat, agar dapat menjadi jaringan bisnis bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dengan jaringan pasar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s