WINDOWS VISTA

WINDOWS VISTA

I.       ABSTRAKSI

Windows Vista merupakan salah satu anggota dalam keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk rumah dan bisnis desktop, laptop, Tablet PC, dan media center PC. Sebelum-nya pengumuman pada 22 Juli 2005, Windows Vista dikenal dengan codename “Longhorn.” Pembangunan telah selesai pada 8 November 2006, selama tiga bulan setelah itu secara bertahap dilepaskan ke komputer hardware dan software produsen, pelanggan bisnis, dan saluran eceran. Pada tanggal 30 Januari 2007, telah dirilis di seluruh dunia, dan dibuat tersedia untuk membeli dan men-download dari situs Microsoft yang rilis Windows Vista datang lebih dari lima tahun setelah pengenalan dari pendahulunya, Windows XP, yang lama waktu berturut-turut antara rilis Microsoft Windows sistem operasi desktop.

II.      KATA KUNCI

Kata Kunci : Windows Vista.

III.    PENDAHULUAN

Sistem operasi windows vista yang merupakan versi dari system operasi windows yang terbaru dan terampuh kini telah terinstall pada semua PC baru yang ditujukan bagi kebutuhan bisnis maupun pribadi.

Kini pelanggan bisnis bisa memperoleh Windows Vista Enterprise Edition dan Microsoft Desktop Optimization Pack (MDOP) melalui Software Assurance License Agreement. Selain itu, pelanggan yang membeli atau memperbarui Software Assurance untuk Desktop OS (dengan program Open License, Select License, atau Enterprise Agreement Microsoft Volume Licensing) berhak untuk menerima versi baru Windows Vista.

Telah hadir Windows Vista Service Pack 1 (SP1) yang ditujukan demi kepuasan pelanggan dengan pengembangan dari Windows Vista yang mengacu pada umpan balik pelanggan, sehingga kami membangun dan menguji sistem yang dapat memberikan transisi yang halus untuk aplikasi-aplikasi dari Windows Vista ke Windows Vista SP1. Selain itu, Windows Vista SP1 memberikan pembaruan dalam hal keamanan, kinerja, reliabilitas, mendukung perkembangan perangkat keras dan standardisasi yang bermunculan dari waktu ke waktu, serta memberikan pengalaman administrasi yang semakin mudah.

IV.    LANDASAN TEORI

Pada landasan teori akan diterangkan teori-teori yang berhubungan dengan judul penulisan ini.

Pengenalan Perangkat Lunak sistem

Perangkat lunak sistem atau sering disebut support software adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Dimana program ini merupakan perantara antar program aplikasi dan perangkat keras komputer. Itu sebabnya peran program sistem kadang kala tidak terlihat secara langsung. Perangkat lunak sistem dapat berupa sistem operasi, utilitas, driver dan penerjemah bahasa.

Sistem Operasi

Suatu sistem operasi (OS) adalah suatu program yang dijalankan pada suatu komputer dan menyediakan suatu platform perangkat lunak dimana program lain dapat dijalankan. Sistem operasi mengandung sejumlah program, beberapa program tergolong dalam utilitas. Beberapa OS biasanya digunakan untuk server atau workstation meliputi berbagai versi Windows, Linux, Unix, dan Mac OS. Sedangkan beberapa alat jaringan, seperti routers, mempunyai OS milik mereka sendiri (seperti, Cisco Internetwork Operating System [CIOS]) juga Personal digital assistants ( PDA) yang sering dijalankan oleh sistem operasi khusus, termasuk Palmos dan Windows CE.41.

Fungsi dari sistem ini sendiri adalah untuk memanajemen proses, sumber daya dan data. Dimana untuk manajemen proses mencakup kegiatan penyiapan, penjadwalan dan pemantauan proses pada komputer, untuk manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem yang dilakukan oleh perangkat lunak sistem maupun aplikasi dan untuk manajemen data mencakup pengendalian terhadap data masukan dan keluaran termasuk pengalokasiannya.

Berkaitan dengan fungsi yang telah disebutkan, penanganan proses dalam sistem operasi dapat dibagi menjadi lima istilah, yaitu :

  • Multiprogramming adalah metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih yang dapat dijalankan secara bersamaan dan berbagi sumber daya dalam waktu yang berlainan.
  • Multitasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seorang user menjalankan sejumlah program pada waktu yang bersamaan.
  • Penyimpan virtual adalah metode yang menangani sejumlah program dengan mebagi-bagi program-program tersebut ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan berukuran sama dengan hanya sebuah bagian dari setiap proses yang ditaruh dalam memori utama per satu waktu.
  • Time sharing adalah metode yang dipakai siste operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinteraksi dengan proses yang dibuatnya karena setiap proses akan ditangani oleh CPU secara bergantian dalam jumlah waktu yang sama.
  • Multiprocessing adalah suatu kemampuan sistem operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer yang sama.

V.      PEMBAHASAN

V. 1   Pengenalan Windows Vista

Sistem operasi windows vista yang merupakan versi dari system operasi windows yang terbaru dan terampuh kini telah terinstal pada semua PC baru yang ditujukan bagi kebutuhan bisnis maupun pribadi.

Kini pelanggan bisnis bisa memperoleh Windows Vista Enterprise Edition dan Microsoft Desktop Optimization Pack (MDOP) melalui Software Assurance License Agreement. Selain itu, pelanggan yang membeli atau memperbarui Software Assurance untuk Desktop OS (dengan program Open License, Select License, atau Enterprise Agreement Microsoft Volume Licensing) berhak untuk menerima versi baru Windows Vista.

Kini telah hadir Windows Vista Service Pack 1 (SP1) yang ditujukan demi kepuasan pelanggan dengan pengembangan dari Windows Vista yang mengacu pada umpan balik pelanggan, sehingga kami membangun dan menguji sistem yang dapat memberikan transisi yang halus untuk aplikasi-aplikasi dari Windows Vista ke Windows Vista SP1. Selain itu, Windows Vista SP1 memberikan pembaruan dalam hal keamanan, kinerja, reliabilitas, mendukung perkembangan perangkat keras dan standardisasi yang bermunculan dari waktu ke waktu, serta memberikan pengalaman administrasi yang semakin mudah.

V. 2   Proposisi Nilai

Windows Vista memberikan nilai yang sangat besar bagi kelangsungan bisnis Anda. Secara garis besar, nilai Windows Vista mencakup empat wilayah sebagai berikut :

  • Meningkatkan keamanan dan pemenuhan regulasi. Windows Vista membantu menjaga keamanan sistem Anda dengan mengatasi ancaman-ancaman keamanan yang berkembang.
  • Mengoptimasi infrastruktur PC desktop. Windows Vista mengurangi biaya pemasangan, pengelolaan, dan dukungan PC korporat melalui optimasi infrastruktur PC desktop, yang dampaknya adalah TCO (Total cost of ownership) yang lebih rendah.
  • Memperdayakan pekerja mobile. Windows Vista memperdayakan pekerja mobile, sembari juga membantu memperkecil resiko dan kompleksitas skenario mobile di perusahaan skala besar, seiring dengan semakin banyaknya jumlah pekerja yang mobile dan tersebar di penjuru dunia.
  • Menemukan dan menggunakan informasi serta meningkatkan produktivitas pengguna dengan tool-tool yang cerdas untuk mengelola data. Data korporat berkembang secara eksponensial. Windows Vista dapat membantu perusahaan tetap menjadi yang terdepan di bidang teknologi informasi.

Windows Vista merupakan salah satu anggota dalam keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk rumah dan bisnis desktop, laptop, Tablet PC, dan media center PC. Sebelum nya pengumuman pada 22 Juli 2005, Windows Vista dikenal dengan codename “Longhorn”.

Pembangunan telah selesai pada 8 November 2006, selama tiga bulan setelah itu secara bertahap dilepaskan ke komputer hardware dan software produsen, pelanggan bisnis, dan saluran eceran. Pada tanggal 30 Januari 2007, telah dirilis di seluruh dunia, dan dibuat tersedia untuk membeli dan men-download dari situs Microsoft yang rilis Windows Vista datang lebih dari lima tahun setelah pengenalan dari pendahulunya, Windows XP, yang lama waktu berturut-turut antara rilis Microsoft Windows sistem operasi desktop.

Windows Vista berisi banyak perubahan dan fitur-fitur baru, termasuk sebuah Diperbaharui grafis antarmuka pengguna dan visual style dubbed Windows Aero, perbaikan mencari fitur multimedia baru penciptaan alat seperti Windows DVD Maker, dan dirancang ulang jaringan, audio, mencetak, dan menampilkan sub-sistem. Vista juga bertujuan untuk meningkatkan tingkat komunikasi antara komputer di jaringan, dengan menggunakan peer-to-peer berbagi teknologi untuk mempermudah file dan media digital antara perangkat dan komputer. Windows Vista termasuk versi dari 3,0. NET Framework, yang bertujuan untuk membuatnya lebih mudah signifikan untuk pengembang perangkat lunak untuk menulis aplikasi dari tradisional dengan Windows API.

Microsoft tujuan utama dinyatakan dengan Windows Vista, bagaimanapun, telah meningkatkan status keamanan di sistem operasi Windows. Satu umum kritik Windows XP dan para pendahulu mereka umumnya telah dieksploitasi kerentanan keamanan dan kerentanan keseluruhan untuk malware, virus dan buffer overflows. Dalam terang ini, Ketua Microsoft Bill Gates diumumkan di awal tahun 2002 perusahaan-lebar “dipercaya Komputasi inisiatif yang bertujuan untuk menggabungkan keamanan kerja ke dalam setiap aspek dari pengembangan perangkat lunak di perusahaan. Microsoft dinyatakan bahwa prioritas meningkatkan keamanan Windows XP dan Windows Server 2003 di atas Windows Vista finishing, sehingga menunda penyelesaiannya.

Meskipun fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan ada ulasan garnered positif, Vista juga telah banyak sasaran kritikan dan negatif tekan. Criticism Windows Vista telah bertarget persyaratan sistem yang tinggi, dan lebih bersifat membatasi persyaratan perizinan, yang dimasukkan ke sejumlah baru digital Manajemen hak teknologi yang bertujuan membatasi penyalinan media digital yang dilindungi, kurangnya kompatibilitas dengan beberapa pra-Vista hardware dan software, dan jumlah otorisasi untuk mendorong Control Account Pengguna. Sebagai akibat dari hal ini dan hal-hal lain, Windows Vista telah melihat adopsi dan kepuasan harga lebih rendah dari Windows XP. Namun, pada Januari 2009, telah mengumumkan bahwa Vista penggunaan surpassed Microsoft telah pre-launch dua tahun habis harapan untuk mencapai 200 juta pengguna oleh sekitar 150 juta.

V. 3   Perkembangan Windows Vista

Microsoft mulai bekerja pada Windows Vista, pada saat itu dikenal dengan codename Longhorn pada bulan Mei 2001, lima bulan sebelum rilis Windows XP. Ia awalnya diharapkan kapal kadang akhir tahun 2003 sebagai langkah kecil antara Windows XP dan Blackcomb, yang direncanakan untuk menjadi perusahaan besar berikutnya dari sistem operasi lepaskan. Bertahap, “Longhorn” assimilated penting banyak fitur-fitur baru dan teknologi slated untuk Blackcomb, sehingga tanggal rilis yang mendorong kembali beberapa kali.

Banyak dari Microsoft pengembang juga kembali bertugas untuk membangun update ke Windows XP dan Windows Server 2003 untuk memperkuat keamanan. Faced dengan penundaan terus-menerus dan kekhawatiran tentang fitur merayap, Microsoft diumumkan pada tanggal 27 Agustus 2004 yang telah direvisi dengan rencana. Asli Longhorn, berdasarkan Windows XP kode sumber, adalah scrapped, dan Longhorn pembangunan dimulai lagi, bangunan di Windows Server 2003 Service Pack 1 codebase, dan kembali hanya memasukkan fitur-fitur yang akan ditujukan untuk sistem operasi yang sebenarnya lepaskan. Sebelumnya diumumkan beberapa fitur seperti WinFS telah menurun atau ditunda, dan metodologi pengembangan software baru yang disebut Keamanan Pembangunan Lifecycle telah tergabung dalam suatu upaya untuk menangani masalah keamanan dengan Windows codebase.

Setelah Longhorn bernama Windows Vista pada bulan Juli 2005, yang belum pernah terjadi sebelumnya tes beta program dimulai, melibatkan ratusan ribu sukarelawan dan perusahaan. Pada September tahun itu, Microsoft mulai melepaskannya reguler Komunitas Teknologi Pratinjau (CTP) untuk penguji beta. Pertama ini disalurkan pada 2005 Microsoft Professional Developers Conference, dan kemudian dilepaskan ke beta testers dan Microsoft Developer Network pelanggan.

Membangun yang berbadan hukum yang diikuti sebagian besar rencana fitur untuk produk akhir, serta sejumlah perubahan untuk antarmuka pengguna, sebagian besar didasarkan pada masukan dari penguji beta. Windows Vista dianggap telah lengkap dengan fitur-rilis yang “Februari CTP”, dirilis pada 22 Februari 2006, dan sebagian besar sisanya kerja antara yang membangun dan yang terakhir rilis produk yang difokuskan pada stabilitas, kinerja, aplikasi dan driver kompatibilitas, dan dokumentasi.

Beta 2, dirilis pada akhir Mei, adalah yang pertama membangun harus dibuat tersedia bagi masyarakat umum melalui Microsoft’s Customer Preview Program. Ia didownload oleh lebih dari lima juta orang. Diikuti dua kandidat rilis pada bulan September dan Oktober, baik yang dibuat tersedia untuk sejumlah besar pengguna.

Meskipun Microsoft telah awalnya berharap agar konsumen versi sistem operasi yang tersedia di seluruh dunia dalam waktu Natal 2006, ia mengumumkan pada Maret 2006 bahwa tanggal rilis akan mendorong kembali ke Januari 2007, dalam rangka memberikan perusahaan dan perangkat keras dan perangkat lunak perusahaan yang tergantung pada Microsoft untuk menyediakan perangkat driver-tambahan waktu untuk mempersiapkan.

Melalui lebih dari 2006, analis dan blogger telah speculated bahwa Windows Vista akan tertunda lebih lanjut, karena anti-trust keprihatinan dibangkitkan oleh Komisi Eropa dan Korea Selatan, dan akibat yang dirasakan kurangnya kemajuan dengan merilis versi beta. Namun, dengan 8 November 2006 pengumuman dari selesainya Windows Vista, Microsoft lengthiest proyek pengembangan sistem operasi datang ke sebuah akhir. Windows Vista biaya 6 miliar dolar untuk mengembangkan, menurut Microsoft.

V. 4   Fitur Pengguna

Windows Aero : Terbaru hardware berbasis grafis user interface yang bernama Windows Aero, yang Jim Allchin telah berkata adalah akronim untuk Authentic, energik, reflektif, dan Open. Yang baru ini dimaksudkan untuk menjadi lebih bersih dan aesthetically dari penampilan yang versi Windows sebelumnya, termasuk baru transparansi, live thumbnails, live icons, dan animasi, sehingga menyediakan tingkatan baru dari eye candy. Laptop pengguna laporan bahwa baterai yang singkat dengan fitur diaktifkan.

Windows Shell : Windows shell yang baru secara signifikan berbeda dari Windows XP, menawarkan berbagai organisasi baru, navigasi, dan kemampuan pencarian. Windows Explorer ‘s tugas pane sudah dihapus, integrasi yang relevan tugas pilihan dalam toolbar. J “Favorite links” pane telah ditambahkan, memungkinkan satu klik akses ke direktori umum. Address bar telah diganti dengan breadcrumb navigasi sistem. Preview pane memungkinkan pengguna untuk melihat gambar kecil dari berbagai file dan melihat isi dari dokumen. Panel rincian menunjukkan informasi seperti jenis dan ukuran file, dan memungkinkan untuk melihat dan mengedit dari tag tertanam dalam mendukung format file. Menu Start juga telah berubah, yang tidak pernah menggunakan kotak-memperluas ketika menavigasi melalui Program. Kata “Awal” itu sendiri telah dihapus dalam nikmat dari Windows Pearl biru.

Instant Search / Cari cepat (juga dikenal sebagai pencarian seperti jenis): Windows Vista fitur baru mencari jalan bernama Instant Search, yang secara signifikan lebih cepat dan lebih mendalam (konten berbasis) daripada pencarian fitur ditemukan di salah satu dari versi sebelumnya windows.

Windows Sidebar: Sebuah panel transparan berlabuh ke bagian samping layar di mana pengguna dapat menempatkan Desktop Gadget, applet kecil yang dirancang khusus untuk tujuan (seperti menampilkan cuaca atau skor olahraga). Gadget juga dapat ditempatkan pada bagian lain dari desktop.

Windows Internet Explorer 7, pengguna baru, tab browsing, RSS, kotak pencarian, meningkatkan percetakan, Page Zoom, Quick Tabs (thumbnail dari semua tab), Anti-Phishing filter, sejumlah fitur baru keamanan perlindungan, Nama Domain Internationalized dukungan (IDN), dan meningkatkan dukungan web standar. IE7 pada Windows Vista berjalan terpisah dari aplikasi lain dalam sistem operasi (dilindungi modus); exploits dan berbahaya adalah akses menulis ke lokasi di luar Temporary Internet Files eksplisit tanpa izin pengguna.

Windows Media Player 11, yang besar merubah program Microsoft untuk memutar dan mengorganisir musik dan video. Fitur baru di versi ini termasuk kata hati (atau “pencarian seperti jenis”), baru GUI untuk media perpustakaan, menampilkan foto dan organisasi, kemampuan untuk berbagi musik melalui jaringan perpustakaan lainnya dengan mesin Windows Vista, Xbox 360 integrasi, dan dukungan lainnya untuk Media Center Extenders.

Backup dan Restore Center : Termasuk cadangan dan mengembalikan aplikasi yang memberikan pengguna kemampuan untuk jadwal berkala backup file di komputer mereka, serta pemulihan dari backup sebelumnya. Adalah incremental backup, hanya menyimpan perubahan setiap waktu, meminimalkan penggunaan disk.

Ada juga fitur Complete PC Backup (tersedia hanya di Ultimate, Business, dan Enterprise versi) punggung yang membuat seluruh komputer sebagai gambar ke hard disk atau DVD. Complete PC Backup dapat secara otomatis kembali ke setup mesin baru hardware atau harddisk jika terjadi kegagalan hardware apapun. Kembalikan PC lengkap dapat dimulai dari dalam Windows Vista atau dari CD instalasi Windows Vista dalam acara PC sangat korup yang tidak dapat start up biasanya dari hard disk.

Windows Mail: Penggantian untuk Outlook Express yang menyertakan surat baru toko yang meningkatkan stabilitas, dan integrasi fitur Instant Search. Ia memiliki seperti IE7 Phishing Filter dan Junk mail filtering yang biasa ditingkatkan melalui pembaruan melalui Windows Update.

Windows Calendar / Kalender jendela baru adalah aplikasi kalender dan tugas.

Windows Photo Galeri : foto dan aplikasi manajemen perpustakaan film. Dapat diimpor dari kamera digital, dan menilai tag individu item, menyesuaikan warna dan eksposur, membuat dan menampilkan tayangan slide (dengan berangsur-angsur efek dan pan) dan tayangan slide burn ke DVD.

Windows DVD Maker, sebuah program untuk menyertai Windows Movie Maker yang menyediakan kemampuan untuk membuat video DVD berdasarkan pengguna konten. User dapat merancang DVD dengan judul, menu, video, soundtrack, panci dan gerakan memperbesar efek pada gambar atau slide.

Windows Media Center, yang sebelumnya secara eksklusif di bundled terpisah versi Windows XP, yang dikenal sebagai Windows XP Media Center Edition, telah dimasukkan ke dalam Home Premium dan Ultimate edisi Windows Vista.

Game dan Permainan Explorer : Game disertakan dengan Windows yang telah dimodifikasi untuk menampilkan kemampuan grafis dari Vista. Permainan yang baru Chess Titans, mahyong Titans dan Purble Tempat. Game baru Explorer folder khusus berisi cara pintas ke semua informasi dan permainan di komputer pengguna.

Windows Mobility Center : control panel yang centralizes informasi yang paling relevan yang berhubungan dengan ponsel komputasi (cahaya, suara, baterai tingkat / daya skema pilihan, jaringan nirkabel, orientasi layar, pengaturan presentasi, dsb).

Windows Meeting Space / Windows Ruang Rapat menggantikan NetMeeting. Pengguna dapat berbagi aplikasi (atau seluruh desktop) dengan pengguna lain pada jaringan lokal, atau melalui Internet menggunakan peer-to-peer teknologi (tinggi daripada versi Starter dan Home Basic dapat memanfaatkan kemampuan hosting, Starter dan Home Basic adalah edisi terbatas untuk “bergabung” mode only)

Shadow Copy / Shadow Salin harian secara otomatis membuat salinan cadangan dari file dan folder. Pengguna juga dapat menciptakan “shadow copy” dengan menetapkan suatu Sistem Perlindungan Point menggunakan Sistem Perlindungan tab dalam Sistem control panel Pengguna dapat disajikan beberapa versi file terbatas sepanjang sejarah dan akan diizinkan untuk memulihkan, menghapus, atau menyalin versi merekaFitur ini hanya tersedia dalam Business, Enterprise, dan Ultimate edisi Windows Vista dan yang diwarisi dari Windows Server 2003.

Windows Update : Software dan keamanan telah disederhanakan, sekarang beroperasi hanya melalui kontrol panel, bukan sebagai aplikasi web. Windows Mail filter spam dan Windows Defender dari definisi diupdate secara otomatis melalui Windows Update. Pengguna yang memilih dianjurkan untuk Pembaharuan otomatis akan memiliki driver terbaru yang tersedia dan ketika mereka menambahkan perangkat baru.

Parental Control : Memungkinkan administrator untuk kontrol yang website, program dan permainan Limited setiap pengguna dapat menggunakan dan instalasi. Fitur ini tidak termasuk dalam Bisnis atau Vista edisi Enterprise. Peningkatan kontrol audio membolehkan sistem volume atau volume individu perangkat audio dan bahkan individu aplikasi dikontrol secara terpisah. Audio fungsi baru seperti Kamar Koreksi, Bass Management, Speaker dan Headphone Isi virtualization juga telah dimasukkan.

Windows tambahan : Mengaktifkan penolong yang menampilkan baru pada laptop atau perangkat yang mendukung Windows Mobile. Hal ini dimaksudkan untuk digunakan untuk menampilkan gadget saat perangkat komputer ini aktif atau tidak aktif.

Speech recognition / Ucapan pengakuan, diintegrasikan ke dalam Vista. ini memiliki desain ulang antarmuka pengguna yang dapat dikonfigurasi dan perintah-perintah dan kontrolBerbeda dengan versi Office 2003, yang hanya bekerja di Kantor dan WordPad, Speech Recognition dalam Windows Vista bekerja untuk setiap aplikasi yang dapat diakses. Selain itu, saat ini mendukung beberapa bahasa : Inggris dan Amerika Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, China (Tradisional dan Sederhana) dan Jepang.

New fonts / Huruf Baru,  termasuk beberapa layar yang dirancang untuk membaca, dan meningkatkan Cina (Yahei, JhengHei), Jepang (Meiryo) dan Korea (Malgun) font. ClearType juga telah ditingkatkan dan diaktifkan secara default.

Problem Reports and Solutions / Laporan masalah dan Solusi : sebuah control panel yang memungkinkan pengguna untuk melihat sebelumnya dikirim masalah dan solusi atau informasi tambahan yang tersedia.

Windows System Assessment Tool / Sistem Windows Assessment Tool : alat yang digunakan untuk patokan kinerja sistem. Perangkat lunak permainan seperti ini dapat mengambil penilaian sendiri dan mengubah perilaku di runtime untuk meningkatkan kinerja. Patokan yang tes CPU, RAM, 2-D dan 3-D grafis akselerasi, grafik memori dan ruang harddisk.

Windows Ultimate Extras : The Ultimate edisi menyediakan Windows Vista, melalui Windows Update, akses ke beberapa fitur tambahan. Ini adalah sebuah koleksi tambahan MUI paket bahasa, Texas Hold ‘Em (Poker sebuah game) dan Microsoft Tinker (strategi permainan di mana karakter adalah robot), BitLocker dan EFS perangkat tambahan yang memungkinkan pengguna untuk cadangan mereka enkripsi kunci online dalam Locker digital, dan Windows Dreamscene, yang memungkinkan penggunaan video dalam MPEG dan WMV format sebagai latar belakang desktop. Pada tanggal 21 April 2008, Microsoft meluncurkan dua Ultimate Ekstra; tiga skema baru Windows suara, dan sebuah paket untuk Dreamscene. Berbagai DreamScene Isi Paket telah diluncurkan sejak akhir versi DreamScene dirilis.

Reliability and Performance Monitor Kehandalan dan Monitor Kinerja, mencakup berbagai peralatan untuk tuning dan pemantauan kinerja sistem kegiatan dan sumber daya CPU, disk, jaringan, memori dan sumber daya lainnya Ini menunjukkan operasi pada file, yang membuka koneksi, dll.

Disk Management : The Logical Disk Manager pada Windows Vista mendukung perluasan dan penyusutan volume pada saat terbang.

V. 5   Core Teknologi

Windows Vista dimaksudkan untuk menjadi sebuah teknologi berbasis rilis, memberikan dasar untuk menyertakan teknologi canggih, banyak di antaranya yang berkaitan dengan bagaimana sistem berfungsi, sehingga tidak mudah terlihat bagi penggunaContoh adalah menyelesaikan restrukturisasi dari arsitektur audio, print, tampilan, dan jaringan subsystems; walaupun hasil karya ini akan terlihat oleh pengembang perangkat lunak, akhir-pengguna hanya akan melihat apa yang akan muncul evolusioner perubahan dalam antarmuka pengguna.

Vista termasuk teknologi seperti ReadyBoost dan ReadyDrive yang mempekerjakan cepat memori flash (terletak pada USB drive dan hybrid hard disk drive) untuk meningkatkan kinerja sistem caching umum digunakan oleh program-program dan data. Manifests ini sendiri dalam meningkatkan baterai pada komputer notebook juga, sejak hybrid drive yang dapat pintal bawah ini jika tidak digunakanLain teknologi baru bernama SuperFetch memanfaatkan komputer belajar teknik untuk menganalisis pola penggunaan untuk membolehkan Windows Vista untuk membuat keputusan cerdas tentang konten yang harus ada dalam sistem memori pada suatu waktu.Menggunakan hampir semua ekstra RAM sebagai disk cache. Dalam hubungannya dengan SuperFetch, secara otomatis built-in Windows Disk Defragmenter akan memastikan bahwa mereka adalah aplikasi strategis diposisikan pada hard disk yang dapat dimuat ke dalam memori dengan sangat cepat dengan jumlah sedikit gerakan fisik dari hard disk dari baca-tulis kepala.

Sebagai bagian dari redesign dari arsitektur jaringan, IPv6 telah sepenuhnya dimasukkan ke dalam sistem operasi dan sejumlah peningkatan kinerja telah diperkenalkan, seperti jendela TCP scaling. Versi Windows biasanya diperlukan pihak ketiga jaringan nirkabel perangkat lunak untuk bekerja dengan baik, namun hal ini tidak terjadi dengan Vista, yang lebih lengkap termasuk dukungan jaringan nirkabel.

Untuk grafis, Vista memperkenalkan baru Windows Display Driver Model dan besar revisi ke Direct3D. Baru driver model baru memfasilitasi Desktop Window Manager, yang menyediakan cemerlang bebas desktop dan efek khusus yang cornerstones adalah Windows Aero. Direct3D 10, dikembangkan bersama-sama dengan produsen utama kartu grafis, adalah arsitektur baru dengan lebih maju Shader dukungan, dan memungkinkan unit pengolahan grafis untuk membuat adegan lebih rumit tanpa bantuan dari CPU. It meningkatkan fitur load balancing antara CPU dan GPU dan juga optimal transfer data antara keduanya.

Pada inti dari sistem operasi, banyak perbaikan yang telah dibuat ke memori manager, dan scheduler proses I / O scheduler. Manajer Heap yang menerapkan fitur tambahan seperti memeriksa integritas dalam rangka untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan terhadap buffer overflow keamanan exploits, walaupun ini datang dengan harga yang melanggar kompatibilitas ke belakang dengan beberapa aplikasi legacy. J Kernel Transaksi Manajer telah dilaksanakan yang memungkinkan aplikasi untuk bekerja dengan file sistem dan Registry menggunakan atom transaksi operasi.

V. 6   Bisnis Teknologi

Meskipun banyak fokus dari kemampuan Vista yang baru telah di baru antarmuka pengguna, aman, teknologi, dan perbaikan pada inti sistem operasi, Microsoft juga menambahkan baru deployment dan pemeliharaan fitur.

  • Windows Imaging Format (WIM) merupakan hal terpenting dari Microsoft dan kemasan baru deployment sistem. WIM file, yang berisi HAL-independen gambar Windows Vista, dapat dijaga dan patch tanpa harus membangun baru. Windows Gambar dapat disampaikan melalui Sistem Manajemen Server Business Desktop Deployment atau teknologi. Gambar dapat disesuaikan dengan aplikasi dikonfigurasi dan kemudian dikirim ke klien perusahaan komputer pribadi untuk tidak menggunakan sedikit sentuhan oleh administrator sistem. ImageX Microsoft adalah alat yang digunakan untuk membuat dan menyesuaikan gambar.
  • Windows Deployment Services menggantikan Instalasi Remote Layanan bagi deploying Vista dan Windows versi sebelumnya.
  • Baru sekitar 700 Kebijakan Grup pengaturan yang telah ditambahkan, meliputi sebagian besar aspek dari fitur-fitur baru dalam sistem operasi, serta memperluas configurability signifikan dari jaringan nirkabel, perangkat penyimpanan data removable, dan pengalaman pengguna desktopVista juga memperkenalkan sebuah format berbasis XML (ADMX) untuk menampilkan registry berbasis kebijakan pengaturan, sehingga lebih mudah untuk mengelola jaringan yang span lokasi geografis dan bahasa yang berbeda.
  • Layanan bagi UNIX telah diganti “Subsystem untuk UNIX berbasis Aplikasi”, dan disertakan dengan Enterprise dan edisi Ultimate Vista. Jaringan File System (NFS) klien dukungan juga disertakan.
  • Antarmuka Pengguna Multilingual – Tidak seperti versi Windows sebelumnya yang diperlukan paket bahasa yang akan diambil untuk memberikan dukungan bahasa lokal, Windows Vista Ultimate edisi Enterprise dan mendukung kemampuan untuk berubah secara dinamis berdasarkan bahasa login di preferensi pengguna.
  • Wireless Projector dukungan.

V. 7   Pengembang Teknologi

Windows Vista termasuk sejumlah besar antarmuka pemrograman aplikasi baru. Kepala di antara mereka adalah masuknya versi 3,0 yang. NET Framework, yang terdiri dari kelas perpustakaan dan Common Language Runtime. Versi 3.0 baru meliputi empat komponen utama :

Teknologi ini juga tersedia untuk Windows XP dan Windows Server 2003 untuk memudahkan mereka untuk pengenalan dan penggunaan oleh para pengembang dan pengguna akhir.

Ada juga pembangunan API baru signifikan dalam inti sistem operasi, khususnya yang benar-benar kembali architected audio, jaringan, cetak, dan antarmuka video, perubahan besar terhadap keamanan infrastruktur, perbaikan pada penyebaran dan instalasi aplikasi ( “ClickOnce” dan Windows Installer 4,0), new model pengembangan perangkat driver ( “Windows Driver Foundation”), transaksi NTFS, mobile computing API advancements (manajemen daya, Tablet PC Ink dukungan tambahan) dan lokasi pembaruan (atau lengkap dari replacements) banyak inti subsystems seperti Winlogon dan CAPI.

Games atau program yang dibuat hanya pada Windows Vista-eksklusif versi DirectX, versi 10, tidak dapat bekerja pada Windows versi sebelumnya, seperti DirectX 10 tidak tersedia untuk Windows versi sebelumnya. Selain itu, permainan yang memerlukan fitur D3D9Ex, pembaruan implementasi DirectX 9 di Windows Vista juga tidak kompatibel dengan Windows versi sebelumnya. Menurut Microsoft blog, ada tiga pilihan untuk opengl pelaksanaan di Vista.

Aplikasi dapat menggunakan standar pelaksanaan, yang diterjemahkan ke dalam panggilan opengl Direct3D API dan beku di opengl versi 1.4, atau aplikasi yang dapat menggunakan Installable Klien Driver (ICD), yang datang dalam dua rasa: legacy dan Vista-kompatibel. J legacy ICD menonaktifkan Desktop Window Manager, yang Vista-kompatibel ICD mengambil keuntungan dari API baru, dan kompatibel sepenuhnya dengan Desktop Window Manager. Paling tidak dua vendor utama, ATI dan NVIDIA disediakan penuh Vista-kompatibel ICDs. Namun, hardware overlay tidak didukung, karena dianggap sebagai usang fitur di VistaATI dan NVIDIA sangat menyarankan menggunakan desktop compositing / framebuffer Objek untuk fungsionalitas sama.

V. 8   Fitur Dihapus

Beberapa fitur penting Windows XP dan komponen telah diganti atau dihapus pada Windows Vista, termasuk Windows Messenger, NTBackup, jaringan Messenger, HyperTerminal, MSN Explorer, Active Desktop, dan penggantian NetMeeting dengan Windows Ruang Rapat. Windows Vista juga tidak menyertakan Windows XP “Luna” tema visual, atau sebagian besar klasik skema warna yang telah bagian Windows sejak Windows 3.x era.

The “Hardware profiles” startup fitur juga telah dihapus, bersama dengan dukungan untuk teknologi motherboard lama seperti Eisa bis, APM dan Game port dukungan (meskipun pada 32-bit versi game port dukungan dapat diaktifkan oleh driver lama yang berlaku). IP melalui FireWire (TCP / IP lebih dari IEEE 1394), telah dihapus juga. The IPX / SPX Protocol juga telah dihapus, meskipun dapat diaktifkan oleh pihak ketiga plugin.

V. 9   Edisi Windows Vista

Terbagi dalam dua sasaran pasar yaitu konsumen dan bisnis, dengan berbagai edisi khusus untuk mengurus ke sub-pasar. Untuk konsumen, terdapat empat edisi, dengan tiga tersedia untuk negara-negara maju. Windows Vista Starter edisi terbatas ke pasar-pasar baru.

Windows Vista Home Basic ditujukan untuk pengguna dengan anggaran rendah kebutuhan.

Windows Vista Home Premium mencakup mayoritas pasar konsumen, dan berisi aplikasi untuk membuat dan menggunakan multimedia. Rumah edisi tidak dapat bergabung dengan Windows Server domain. Windows Vista Business dirancang khusus untuk usaha kecil dan menengah ukuran usaha, ketika Windows Vista Enterprise  hanya tersedia untuk pelanggan yang berpartisipasi dalam Microsoft Software Assurance programWindows Vista Ultimate berisi melengkapi fitur-set kedua dan Home Business (kombinasi dari kedua Home Premium dan Enterprise) edisi, serta satu set Windows Ultimate Extras.Semua edisi Windows Vista kecuali Starter mendukung 32-bit (x86) dan 64-bit (x64) arch.

Di Uni Eropa, Home Basic N dan Business N versi juga tersedia. Mereka datang tanpa Windows Media Player, karena Uni Eropa membawa sanksi terhadap Microsoft untuk melanggar undang-undang anti-trust. Similar sanctions exist in South Korea . Sanksi serupa ada di Korea Selatan.

Microsoft merilis Windows Vista Ultimate (PRODUCT) RED khusus yang akan datang bersama-sama dengan Dell (PRODUCT) RED Komputer.

VI.    PENUTUP

VI. 1 Kesimpulan

Bagi yang terbiasa menggunakan system operasi sebelum windows vista misalnya windows xp. Terasa beda. Dengan tampilan yang membuat berdecak kagum, ditambah lagi ketika mencobanya (“wah inilah produk Microsoft yang sesungguhnya”). Produk ini dilaunching tepatnya pada tanggal 30 Januari 2007 (menurut situs resminya http//www.microsoft.com/windowsvista/default.aspx). vista (begitulah yang biasanya disebut dari Microsoft windows vista) merupakan produk terbaru dari perusahaan IT raksasa, Microsoft Corporation. Jaringan besar Microsoft hampir tersebar di seluruh dunia yang mampu merebut hati para pengguna computer karena kemudahannya, mulai dari perkantoran sampai end user rumahan. Hamper 4 tahun lebih, XP berjaya. Dan tibalah saat harus tergantikan oleh Vista. Inilah inovasi terbaru Microsoft yang memberi suasana segar bagi penggunanya. Dan tidak tanggung-tanggun g hamper seluruh fungsi, tools dan aplikasi di vista benar-benar berbeda dengan XP. Jadi rasanya saying sekali jika tidak beralih ke vista.

Vista merupakan system operasi yang memanjakan para penggunanya dengan tampilan efek visual 3D yang lebih baik dibandingkan dengan XP. Anda masih ragu pada vista? Ataukah terlintas di benak anda sejauh mana vista membebani system hardware? Apakah mengharuskan mengganti PC atau Hardware yang digunakan saat ini atau kita cukup melakukan sedikit upgrade?

Sebenarnya Microsoft telah menjawab keraguan anda di dalam situs resminya, seperti gambaran umum atau spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh vista. Dalam hal ini Microsoft membagi hardware menjadi dua versi, Vista capable dan vista ready.

Vista capable adalah hardware (PC/ laptop) tersebut sudah mendukung semua fasilitas yang ada pada vista, termasuk fitur 3D vista yang sering disebut Aero, dengan begitu bagi anda yang ingin membeli PC atau Laptop keluaran terbaru pilih tipe yang tertera logo (Vista ready) agar seluruh fitur vista bisa dinikmati.

Agar lebih nyaman menikmati vista kebutuhan hardware computer yang akan dihunakan pun perlu diperhatikan. Pilih perangkan hardware yang memenuhi syarat atau direkomendasikan untuk pengoperasian vista. Atau jika anda terpaksa memilih untuk membeli built-up, pastikan pada PC tertera logo Windows Vista (Ready atau capable).

Sebaliknya bagi pengguna PC rakitan perlu memperhatikan spesifikasi hardware yang digunakan terutama driver hardware tersebut. Setidaknya anda berusaha mendapatkan driver khusus yang digunakan di windows vista, standar minimum hardware yang dibutuhkan oleh vista sebagai berikut :

  • Processor (lebih dari 800MHz).
  • Memory 512 MB.
  • VGA card dengan DirectX 9 dan mendukung juga WDDM ( Windows Display Driver Model ).
  • Harddisk 20 Gb (10 Gz free 5xxx).

Maka hardware terpenting yang dibutuhkan oleh vista adalah VGA-card yang sudah kompitible dengan vista sebagai contoh penulis merekomendasi VGA-card yang dilengkapi chip A.T.I generasi Satu atau G-Force dengan seri 5xxx.

Sebab kedua seri tersebut sudah mendukung direct 9.0 dan WDDM (WDDM merupakan arsitektur pendukung terbaru yang digunakan oleh Windows Vista). Tentunya, spesifikasi VGA Card tersebut dimaksudkan agar tampilan Aero pada Vista bisa dinikmati. Lalu bagaimana jika PC menggunakan kartu grafis (VGA Card) yang menyatu dengan mother board (On-Board)? Tenang saja anda tidak perlu khawatir sebab beberapa vendor mother board dilengkapi kartu grafis on-board yang memiliki feature. Jadi, agar fasilitas vista bisa dinikmati, bukan berarti harus menggunakan VGA Card yang berharga mahal.

Untuk mendapatkan vista yang powerfull, dibutuhkan hardware yang memenuhi rekomendasi berikut :

  • Prosessor 1 GHz 32 bit (x 86) atau 64 bit (x 64).
  • Memory 1 GB.
  • VGA Card dengan spesifikasi : 128 MB 2.0 Pixel, 32 bits per pixel, dan mendukung Direct 9 dan WDDM.
  • Harddisk 40 GB dengan 15 GB Free-Space.
  • DVD-R Drive.
  • Audio Output.
  • Internet Access.

Microsoft Windows merilis enam edisi vista sekaligus ke pasaran. Keenam edisi vista tersebut disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pengguna. Tentu saja, dari setiap versinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Keenam versi vista itu sebagai berikut :

  • Windows Vista Starter.
  • Windows Vista Home Basic.
  • Windows Vista Home Premium.
  • Windows Vista Bussiness.
  • Windows Vista Enterprise.
  • Windows Vista Ultimate.

VI. 2 Kritik

Windows Vista telah menerima sejumlah penilaian negatif. Sasaran kritikan termasuk pembangunan larut waktu, lebih bersifat membatasi persyaratan perizinan, yang dimasukkan ke sejumlah teknologi yang bertujuan membatasi penyalinan media digital yang dilindungi, dan kegunaan yang baru Account Pengguna Kontrol keamanan teknologi. Pemeriksa juga mencatat beberapa kesamaan antara Vista’s Aero interface dan Apple’s Aqua antarmuka untuk Mac OS X sistem operasi. Selain itu, beberapa kekhawatiran telah dikemukakan mengenai berbagai PC pertemuan “Vista Premium Ready” persyaratan perangkat keras dan harga Vista.

Hardware Persyaratan

Meskipun Microsoft diklaim “hampir semua PC di pasar hari ini [2005] akan menjalankan Windows Vista”, yang lebih tinggi Persyaratan some of the “premium” fitur, seperti interface Aero, telah memberi dampak banyak upgraders. Menurut koran Inggris The Times pada bulan Mei 2006, full set fitur “akan tersedia untuk kurang dari 5 persen dari pasar PC Inggris” Namun, prediksi ini dibuat beberapa bulan sebelum Vista diluncurkan. Ini terus kurangnya kejelasan akhirnya menyebabkan satu kelas tindakan terhadap Microsoft sebagai orang menemukan diri mereka sendiri dengan komputer baru yang tidak dapat menggunakan software baru untuk seluruh potensi meskipun jaminan dari “Vista Mampu” designations. Pengadilan kasus telah membuat publik Microsoft komunikasi internal yang menunjukkan bahwa eksekutif senior juga telah mengalami kesulitan dengan masalah ini. Misalnya, laptop itu dari kurangnya chip grafis yang sesuai sehingga hobbled Vista fitur yang Vice President Mike Nash berkomentar “Saya sekarang memiliki $ 2100 e-mail komputer.”

Perizinan Dan Biaya

Kritikan dari upgrade lisensi menyangkut Starter Windows Vista Home Premium adalah melalui diungkapkan oleh Ars Technica’s Ken Fisher, yang dicatat bahwa kebutuhan baru yang sebelumnya telah terinstal sistem operasi akan menyebabkan iritasi bagi pengguna Windows yang ulang secara berkala telah diturunkan Upgrade bahwa salinan Windows Vista dapat diinstal bersih tanpa terlebih dahulu menginstal versi Windows sebelumnya. Maka pengguna harus ulang yang sama salinan Vista. Vista akan mengaktifkan pada ulang, sehingga memungkinkan pengguna menginstal Windows Vista Upgrade tanpa memiliki sistem operasi sebelumnya. Seperti pada Windows XP, aturan-aturan terpisah masih berlaku untuk versi OEM Vista yang diinstal pada PC baru: Microsoft menegaskan versi ini yang tidak sah dipindah tangankan (walaupun apakah ini bertentangan dengan hak pertama penjualan belum secara jelas memutuskan hokum).

Biaya Windows Vista juga telah menjadi sumber keprihatinan dan komentar. Sebagian besar pengguna dalam jajak pendapat mengatakan bahwa harga berbagai edisi Windows Vista yang diposting di situs Web Microsoft Kanada pada Agustus 2006 menjadikan produk ini terlalu mahal. Sebuah laporan BBC News pada hari Vista’s rilis yang diusulkan, “ada Mei menjadi reaksi dari para konsumen atas rencana-harga dengan biaya Vista versi di AS sekitar setengah harga dari versi setara di Inggris. “

Manajemen Hak Digital

Windows Vista mendukung tambahan bentuk manajemen hak digital perlindungan. Salah satu aspek ini adalah jalan yang dilindungi video, yang dirancang agar “premium content” dari HD DVD atau Blu-ray discs Mei mandat bahwa sambungan antara komponen PC akan dienkripsi. Tergantung pada kebutuhan konten, perangkat mungkin tidak lulus konten melalui premium non-keluaran dienkripsi, atau mereka harus artificially menurunkan kualitas sinyal output pada layar atau tidak sama sekali.

Driver untuk perangkat keras seperti itu harus disetujui oleh Microsoft; sebuah mekanisme pencabutan juga disertakan yang memungkinkan Microsoft untuk menonaktifkan driver dari perangkat pengguna akhir PC melalui Internet. Peter Gutmann, peneliti keamanan dan penulis yang open source cryptlib perpustakaan, mengklaim bahwa mekanisme ini melanggar hak-hak dasar dari pengguna (seperti adil), tanpa guna meningkatkan biaya perangkat keras, dan membuat sistem kurang handal (yang “sedikit memiringkan” tertentu yang khawatir, jika dipicu, seluruh subsistem grafis melakukan ulang ) dan rentan terhadap penolakan-of-serangan layanan. Namun walaupun beberapa permintaan bukti untuk mendukung klaim seperti itu tidak pernah Petrus Gutman klaim itu didukung dengan bukti penelitian.

Proponents telah menyatakan bahwa Microsoft tidak memiliki pilihan tetapi untuk mengikuti kebutuhan dari studio film, dan teknologi yang sebenarnya tidak akan diaktifkan setelah sampai 2010; Microsoft juga mencatat bahwa konten mekanisme perlindungan sudah ada pada Windows sejauh kembali Windows saya, dan bahwa perlindungan yang baru tidak akan berlaku untuk semua konten yang ada (hanya akan datang konten).

Kontrol Account Pengguna

Meskipun UAC dianggap bagian terpanting dari keamanan Vista infrastruktur, karena perangkat lunak dari blok mendapatkan hak administrator diam-diam tanpa pengetahuan pengguna, telah dikritik secara luas untuk menghasilkan terlalu banyak mendorong.

Ini telah banyak pengguna Vista UAC untuk mempertimbangkan itu annoying dan membosankan, dengan beberapa akibatnya baik turning it off atau meletakkan dalam mode auto-persetujuan. Merespon kritik ini, Microsoft diubah pelaksanaan untuk mengurangi jumlah akan dengan SP1. Walaupun ada perubahan mengakibatkan beberapa perbaikan, belum alleviated keprihatinan yang sepenuhnya.

VI. 3 Saran

Belum lama ini, pakar keamanan informasi dari Rusia dan Amerika menemukan beberapa kelemahan pada Vista.

Salah satunya kelemahan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah privilese pengguna terhadap sistem operasi yang digunakan.
Penambahan privilese pengguna ini bisa memberikan akses kendali seluruh operasi di komputer. Padahal sistem operasi modern, seperti Windows dan Unix, selalu memberlakukan pembatasan terhadap pengguna dan hanya memberikan kekuasaan penuh kepada orang tertentu, yaitu administrator.

Sebaiknya pengguna tidak hanya ikut-ikutan dan hanya mengikuti tren saat ini saja karena untuk meraih Microsoft vista memerlukan biaya yang cukup mahal. Padahal jika kita bandingkan, Microsoft vista banyak memiliki kelemahan dan kemampuannya pun tidak jauh berbeda dengan Sistem Operasi keluaran Microsoft sebelumnya. Selain itu migrasi sistem operasi komputer suatu perusahaan bukanlah sebuah pekerjaan sederhana. Apalagi Vista mensyaratkan spesifikasi peranti keras yang tinggi. Perubahan tadi tentu saja juga bakal membawa perubahan bagi peranti lunak aplikasi yang berjalan di atasnya.

VII.   DAFTAR PUSTAKA

Permana,Budi.2006.36 Jam Belajar Komputer Windows Vista. Alex Media Computindo:Jakarta.

Rafiudin,Rahmat.Mereparasi Windows Vista.Alex Media Computindo:Jakarta.

Yani,Ahmad.2007.Vista Yang Baru Dari Microsoft.Agro Media Pustaka:Jakarta.

Panduan Lengkap Microsoft Windows Vista.Penerbit Andi Madcoms.

Http://microsoft.com/windows/products/windows vista/defalut.mspx

Http://enwikipedia/org/wiki/windows_vista

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s