PENGENALAN AKUNTANSI INTERNASIONAL

Nama               : Devinta Galuh Wardhani

NPM               : 20208346

Kelas               : 4EB05

PENGENALAN AKUNTANSI  INTERNASIONAL

A. Memahami sifat dan ruang lingkup akuntansi internasional

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan akuntansi internasional itu? Setelah mencari tahu mengenai akuntansi internasional, saya dapat menyimpulkan bahwa akuntansi internasional itu memiliki tingkatan yang berbeda, dapat disebutkan bahwa :

  1. Pengaruhnya pada akuntansi oleh kelompok-kelompok politik internasional.
  2. Praktek-praktek akuntansi pada perusahaan dalam menanggapi kegiatan mereka sendiri bisnis internasional.
  3. Terdapat perbedaan dalam standar akuntansi dan praktek antar negara.

Di mana akuntansi internasional itu dapat diartikan sebagai :

Suatu sistem informasi yang memberikan informasi mengenai perusahaan multinasional dengan operasi dan transaksi lintas batas negara dengan berkewajiban untuk melaporkannya kepada para pengguna baik di dalam maupun di luar negeri.

Jadi akuntansi di sini sebagai sistem informasi organisasi baik bisnis maupun non bisnis yang fungsinya menyajikan informasi keuangan untuk pihak pihak yang berkepentingan. Hubungan yang terkait pada organisasi dan bisnis tersebut menuju hubungan global menghasilkan informasi yang dapat memenuhi kebutuhan global.

Terdapat faktor-faktor yang ternyata mempengaruhi akuntansi internasional dalam perkembangannya yang dapat disebutkan adalah : Regulasi akuntansi, Profesi akuntansi, Riset dan pendidikan akuntansi, Inflasi, Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, Sistem perpajakan, Pasar modal dan pasar uang, Aktivitas perusahaan ,Sistem kepemilikan perusahaan, Sistem politik, Sistem hokum, Ilmu social, Budaya.

Perusahaan yang melakukan go internasional mempunyai alasan berdasarkan hal di bawah ini:

1. Theory pf comparative advantage

2. Imperfect market theory

3. Product cycle theory

4. Transfer technology and strategic alliance

Ruang lingkupnya adalah :

Gambaran standar  akuntansi dan praktek akuntansi di berbagai negara di dunia serta membandingkannya pada masing masing negara yang dibahas.

Transaksi internasional membahas mengenai pelaporan keuangan yang berupa  transaksi valas, sistem informasi, penganggaran, sistem penilaian kerja, perpajakan dan audit internasional, serta akuntansi manajemen untuk bisnis internasional.

Penerapan standard akuntansi internasional :

  • Terjadinya perjanjian internasional atau politik internasional.
  • Kepatuhan secara sukarela (didorong secara profesional)
  • Keputusan badan pembuat standard akuntansi internasional

B. Menjelaskan isu-isu akuntansi yang diciptakan oleh perdagangan internasional

Dalam segala hal kita mendapati isu-isu yang beredar, begitu pula dengan perdagangan internasional pun terciptakan isu-isu akuntansi yang terkait di dalamnya. Investasi asing langsung (fdi) dapat berupa pembentukan baru operasi di negara asing (greenfield investasi) dan investasi dalam operasi yang ada di negara asing (akuisisi).

Fdi ini terjadi pada saat perusahaan berinvestasi dalam operasi bisnis pada negara asing sebagai alternatif untuk mengekspor dari pemasok dan ataupun mengimpor pada pelanggan yang berada di negara asing. Isu utama yang diciptakan fdi ini adalah mengenai kebutuhan untuk :

a. Mengkonversi dari lokal ke us gaap sejak pencatatan akuntansi yang pada biasanya disusun dengan menggunakan gaap lokal.

b. Menerjemahkan dari mata uang lokal ke dolar as sejak catatan akuntansi padahal biasanya disusun dengan menggunakan mata uang lokal.

Dapat disebutkan bahwa :

Pada pertemuan untuk yang pertama kali pada banyak perusahaan yang bergerak di bidang bisnis internasional seringkali melakukan penjualan ke pelanggan asing di mana penjualan ini dilakukan dengan sistem kredit (tidak tunai) disertai dengan kesepakatan yaitu pelanggan asing tersebut akan membayarnya berdasarkan mata uang negaranya sendiri. Akibatnya akan timbul risiko valuta asing di mana sebagai nilai mata uang asing ada kemungkinan akan berubah karena tidak sesuai yang dengan mata uang negara perusahaan lokal. Oleh karena itu dapat dilakukan hedging (lindung nilai) terhadap kerugian dari fluktuasi nilai tukar.

Selain itu secara konsep ,dimungkinkan bahwa suatu perusahaan multi nasional memiliki lebih dari satu mata uang fungsional karena dalam prakteknya maka diperlukan seleksi mata uang fungsional.

Faktor faktor yang yang mempengaruhi penentuan mata uang fungsional indikator aliran kas, indikator harga jual ,indikator pasar,indikator biaya ,indikator pendanaan,indikator transaksi antar perusahaan dan penyusunan.

C.   Jelaskan alasan untuk, dan isu-isu akuntansi yang terkait dengan, investasi asing langsung

Terdapat alasan untuk foreign Investment langsung adalah :

1. Tingkatkan sales dan profits

Penjualan internasional mungkin saja satu sumber margin keuntungan lebih tinggi atau laba tambahan melalui penjualan tambahan.

2. Masuk rapidly growing atau emerging markets

Investasi langsung yang asing adalah makna untuk meningkatkan suatu tumpuan/kedudukan dalam satu dengan cepat berkembang atau muncul pasar. Objektif terakhir harus meningkatkan penjualan dan laba.

3. Mengurangi costs

Sebuah perusahaan kadang-kadang bisa mengurangi biaya menyediakan barang-barang dan layanan ke pelanggan nya melalui investasi langsung yang asing.

4. Amankan domestic markets

Untuk melemahkan satu kompetitor internasional potensial dan melindungi pasar domestik nya,  satu perusahaan mungkin memasuki pasar rumah kompetitor.

5. Amankan foreign markets

Investasi tambahan dalam suatu negara asing adalah kadang-kadang mendorong oleh suatu kebutuhan untuk melindungi pasar itu dari kompetitor lokal.

6. Peroleh technological dan managerial know-how

Selain dari pada melakukan riset dan pengembangan di rumah,  cara lain untuk memperoleh ‘know-how’ teknologi dan managerial harus menyiapkan satu operasi dekat dengan memimpin kompetitor.

 

Perlindungan terhadap pemegang saham berbeda  antara negara yang satu dengan yang lainnya  negara anglo amerika seperti kanada ,inggris da amerika serikat  memberikan perlindunga secara luas dan ketat, sebaliknya dinegara lain kurang perhatian terhadap  pemegang saham.

Contoh cina melarang adanya insider trading ( perdagangan dikalangan orang dalam ) sedangkan penegakan hukum lemah  dan  penegakan aturan tersebut hampir tidak ada. Perlindungan pemegang saham di republik ceko, meksiko ,dan kebanyakan negara berkembang sangat lemah  bahkan negara  negara maju  bahkan konsep perlindungan terbilang baru  dan belum memadai  contoh insider trading di jerman tidak dianggap sebagai tindakan kriminal.

Pengungkapan publik tidak terlalu maju  masih terjadi perbedaan yang besar terhadap  informasi yang diberikan  pada pemegan saham yang besar dengan publik.

Berbagai kelompok kepentingan yang berpengaruh terhadap pengungkapan dan harmonisasi diantaranya adalah : Pemerintah, United nation ,inter govermental working group of experts on international standard of accounting and reporting (isar), Organization for economnic cooperation and development, Eropean comunitty (fc treaty of rome ) 1957, Serikat dagang dan pekerja itucs,ftvc,wcl, Investor, Publik, Akuntan dan auditor, Harmonisasi dan pengungkapan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s