Apa visi misi Anda ?

Berbicara tentang visi misi, tentu biasanya sangat erat sekali kaitannya dengan badan, lembaga ataupun instansi. Visi misi ini merupakan jawaban dan tujuan dari suatu badan ataupun organisasi dibentuk dan beroperasi. Maka sangat tidaklah mungkin visi dan misi sebuah instansi berbeda dengan apa yang mereka capai dari apa yang mereka rencanakan maupun targetkan. Di mana visi ini menjawab tujuan jangka panjang dari sebuah instansi, sedangkan misi berfungsi sebagai program untuk memudahkan tercapainya visi tersebut.

Lalu bagaimana kalau pertanyaan baru muncul seperti yang dilontarkan dosen saya, kepada mahasiswanya. Apa visi misi pribadi kalian ? Mungkin sebagian orang dapet menjawab dengan mudah. Tapi secara pribadi saya tidak dapet menjawab semudah itu. Hal itu perlu pertimbangan yang matang. Mungkin saja visi kita ingin itu, ingin ini, ingin menjadi itu dan lain sebagainya. Tapi kalau kita flash back kebelakang, apakah kita sudah menjalankan program (misi) untuk memudahkan kita mencapai visi yang kita inginkan ?

Bagi saya untuk menjawab pertanyaan dosen saya tersebut, perlu bener-bener menguras otak saya. Karena menurut saya selama ini saya hanya berjalan sesuai dengan alur kehidupan saja. Benar-benar belum kepikiran. Dan kalaupun kepikiran tujuan atau visi hidup kita pribadi, pasti rasanya tidak mungkin atau berbanding terbalik dengan pola kehidupan kita saat ini. Dan sampai saat ini pun tugas yang tinggal hanya hitungan harian untuk menjawab pertanyaan dosen tersebut belum terlintaskan untuk menjawabnya. Saya membayangkan dan merasa kosong dan hampa saat berada di dunia dengan orang-orang yang penuh energik dan motivator dalam kehidupan mereka.

Lalu bagaimana dengan Anda sob ? Apa kalian sudah memiliki visi dan misi pribadi kalian ? Terus sudahkan anda menjalankan program misi anda untuk mencapai visi kalian ?

Kemudian muncul pertanyaan baru bagi saya, apakah visi dan misi kita dapat kita ubah-ubah sesuai kemauan kita. Misalkan visi dan misi kita awalnya A, lalu karena merasa tidak mampu mencapainya, kita mengganti visi dan misi kita menjadi B. Apkah itu layak bagi seorang insan untuk melakukan itu ? Apakah kita siap untuk dikatakan tidak konsisten jika visi dan misi kita pribadi berubah-ubah, layaknya bermain monopoli yang menunggu mendapatkan kartu kesempatan.

Hmm mari kita renungkan sob, sebenarnya apa tujuan atau visi misi kita pribadi, sehingga Sang Pencipta menitipkan dan memberikan kita hidup di dunia fana ini.

Tinggalkan Balasan

