OTORITAS PASAR MODAL PADA BEBERAPA NEGARA

OTORITAS PASAR MODAL PADA BEBERAPA NEGARA

Nama : Devinta Galuh Wardhani

NPM : 20208346

Kelas : 4EB05

 

Menurut  pengertian pada Wikipedia, Pasar Modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Dan otoritas itu sendiri merupakan kekuasaan remi atau legal. Dengan kata lain yaitu bertemu-nya emiten yaitu pencari dana  dengan  investor yaitu para penanam modal.

Berikut merupakan data yang telah ditelusuri, diantaranya adalah

  • Di negara Indonesia otoritas pasar modalnya adalah BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal).
  • Di Amerika otoritas pasar modalnya adalah SEC (Security And Exchange Commite). # SEC (Securities and Exchange Commission) adalah otoritas pasar modal yang ada di Amerika. SEC didirikan oleh Kongres Amerika pada tahun 1934 sebagai suatu badan independen, non-partisan, memiliki kewenangan hukum, selaku badan independen yang berwenang untuk melakukan pengawasan dan pelaksanaan aturan setelah terjadinya Great Depression yang disebabkan oleh kejatuhan Wall Street tahun 1929. Tujuan utama dari pembentukan SEC ini adalah untuk mengatur bursa efek dan mencegah penyalah gunaan oleh perseroan sehubungan dengan penawaran saham dan penjualan efek serta pelaporan keuangan perseroan. SEC diberikan kewenangan untuk mengizinkan dan mengatur perdagangan efek.
  • Di negara eropa otoritas pasar modalnya adalah ESMA.
  • Tetapi di negara Perancis sendiri otoritas pasar modalnya adalah AMF. Di mana Badan ini mirip dengan Komisi Pasar Modal AS, berperanan penting namun terbatas. Memiliki kekuasaan untuk mengeluarkan aturan pelaporan dan pengungkapan tambahan bagi perusahaan emiten serta mengawasi pasar penerbitan baru dan kegiatan operasi bursa efek regional dan nasional. AMF (Autorite des Marches Financiers) adalah otoritas pasar modal yang ada di Perancis. AMF sebagai sebuah badan publik yang independen yang bertanggung jawab untuk menjaga keberlanjutan investasi pada instrumen keuangan dan dalam semua tabungan-tabungan lainnya dan investasi serta menjaga pasar keuangan yang teratur.
  • Di negara Singapura otoritas pasar modalnya adalah Monetary Authority of  Singapore.
  • Di negara Malaysia otoritas pasar modalnya adalah Malaysia Securities Commission.

Demikian otoritas pasar modal yang terdapat pada beberapa negara. Meskipun berbeda nama atau sebutannya, tetapi sesungguhnya fungsinya tidak jauh berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s