PARAGRAF

Paragraf Deskriptif

Cris Hanafiah atau yang lebih dikenal sebagai Prince Christopher disekolahnya tidak pernah tertarik dengan perempuan sampai ia bertemu dengan siswi pindahan dari Tokyo, yang bernama Aki. Aki kembali ke tanah air bukan tanpa alasan, dan ia hanya ingin menjalani hidup normal sebagai remaja. Tetapi mungkin hidup normal seperti layaknya remaja berarti mengesampingkan kisah percintaannya, apa lagi kalau dirinya berhadapan dengan seorang Hanafiah muda yang memiliki yang karismatik. Kini mereka bertemu, dan konflik batin di masing-masing anak muda ini kian bergolak. Saat Chris jatuh cinta setengah mati kepadanya, Aki terus menolaknya dengan sengaja. Namun apapun kisah misterius yang Aki miliki, Chris bertekad akan mengungkapnya.

Paragraf Narasi

Santer terdengar di kampung Salimin akan dibangun salah satu masjid terbesar di dunia. Salimin ragu, apa betul di kampungnya akan berdiri masjid sebesar itu, karena hampir setiap subuh saja dia tidak mendengar ada orang adzan di kampungnya. Tak diduga Salimin, pembangunan masjid itu demikian cepat. Rumah Allah yang sangat megah dan indah, bangga dan haru dirasakan Salimin bahwa dia akan sholat di masjid itu dan mengikuti pengajian bersama jamaah lainnya. Dia tak akan pernah ketinggalan sholat subuh berjamaah, dimana saat orang-orang lelap tertidur, atau saat orang-orang terbangun sekejap karena diganggu panggilan adzan, dia sudah ada di masjid menegakkan agama Allah. Dialah orang yang sangat beruntung itu. Hari ini Salimin menanti adzan subuh pertama berkumandang di masjid itu, sebelumnya dia sudah menjalankan sholat tahajud. Di dalam masjid yang megah itu, seusai adzan shubuh, Salimin sholat dan menitikkan airmata bangga akan kebesaran-Nya, hingga dia bertanya dalam hati, siapa yang membangun masjid ini, dan kalau ada yang memilikinya, siapa dan seperti apa rupa wajahnya. Bahwa dia kini tengah sholat berjamaah di masjid yang membuatnya lelah berjalan dari rumahnya, pantaslah kalau masjid ini salah satu yang terbesar di dunia.

Paragraf Eksposisi

Sedikitnya 146 kios di Pasar Kwala Bekala di Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, terbakar, Rabu (14/4/2010) sekitar pukul 01.00. Belum diketahui ada tidaknya korban jiwa. Hingga pukul 04.00, api baru dapat diisolasi oleh pemadam kebakaran. Belum diketahui pasti pemicu kebakaran tersebut. Namun, beberapa pedagang menduga api berasal dari kompor salah seorang pedagang. “Sepertinya dari kompor. Soalnya pukul 12.30 (malam) tadi ada yang menyalakan kompor di Lorong 6,” kata seorang saksi mata yang enggan menyebutkan namanya. Beberapa warga lain memberi dugaan serupa. Kios yang terbakar tersebut berada di los 1, los 4, dan los 6. Untuk mencegah api merembet ke tempat lain, petigas pemadam kebakaran membasahi gang dan jalan yang menghubungan sumber api dengan kios di los lainnya. “Ada sekitar 24 tangki air yang kami datangkan,” kata Suranta Tarigan (40), petugas pemadam kebakaran. Pemilik kios pecah belah, R Purba (43), menjelaskan, pukul 02.00 dia mendapat telepon dari rekannya bahwa kiosnya ikut terbakar. Kios dan semua isinya tak terselamatkan. Kerugiannya mencapai Rp 30 juta.

Paragraf Persuasi

Ten 2 Five meluncurkan album sekaligus novel terbarunya berjudul Aku Ada Rahasia. Judul novel ini diambil dari salah satu lirik lagu Ten 2 Five yang diterbitkan oleh Penerbit Gagas Media. Tema novel ini diambil dari salah satu lirik lagu pada album Ten 2 Five yang baru. Dalam album Ten 2 Five ada sebuah lirik lagu yang cocok untuk dijadikan tema novel. Dalam novel ini, Ten 2 Five mengihwal dua orang yang mengkhianati salah satu karibnya. Lantas, pemuda yang tersakiti tersebut meluapkan emosinya lewat tulisan. Ia mencoba membuka rahasia di balik pengkhianatan cinta berbumbu segitiga di antara mereka. Ceritanya sangat lucu dan menarik. “Kami ingin mengangkat lagu ini lewat sebuah novel” ungkap Imel sang vokalis. Novel kali ini dicetak sebanyak lima ribu eksemplar dan disebarkan di seluruh Indonesia. Bersama dengan novel,  disisipkan CD MP3 milik Ten 2 Five apabila orang membeli novel. Awal Maret 2008 Ten 2 Five akan melakukan tur promo di sejumlah kota di Indonesia.

Paragraf Argumentasi

Jika umumnya Matematika selalu menjadi mata pelajaran yang paling “menakutkan” bagi sebagian pelajar sekolah, maka dalam ujian nasional kali ini ternyata Bahasa Indonesia justru lebih ditakuti. Mata pelajaran yang kadang kala dianggap mudah itu justru mampu membuat sebagian siswa SMA kesulitan saat mengerjakannya. Sejumlah siswa SMA Kanisius mengaku bahwa hingga hari ketiga pelaksanaan ujian negara, soal Bahasa Indonesia menjadi salah soal satu mata pelajaran yang paling sulit. “Yang paling sulit itu justru soal Bahasa Indonesia karena soalnya itu rancu dan sering menjebak. Pilihan jawabannya juga serupa satu sama lain,” kata Christopher, salah seorang siswa SMA Kanisius. Senada dengan Christopher, Kennardi salah seorang siswa Kanisius lainnya juga membenarkan hal tersebut. “Iya benar sekali, soalnya membingungkan dibandingkan Matematika hari ini, masih jauh lebih mudah Matematika. Kalau Matematika kita dapat dengan jelas bisa tahu pasti mana jawaban yang benar dan mana yang salah. Kalau Bahasa Indonesia susah diprediksi mana yang benar karena jawabannya serup tapi tidak sama”. Tak hanya dinilai rancu, soal ujian negara Bahasa Indonesia pun dianggap menyulitkan karena didominasi oleh soal-soal berbentuk wacana dan paragraf.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s